Spirit Toleransi Beragama Dalam Perayaan Natal dan Kunci Taong Kerukunan Keluarga Kawanua

Sumber: Shinta

Istilah Kawanua memang identik dengan orang Manado. Kata Kawanua berasal dari bahasa Melayu yang artinya pemukiman/desa. Sehingga, Kawanua sendiri bisa diartikan sebagai teman sekampung dari Minahasa. Kerukunan Keluarga Kawanua didirikan sebagai organisasi berbadan hukum yang mempersatukan para Kawanua khususnya yang merantau jauh dari Minahasa.
perayaan natal & kunci taong kerukunan keluarga kawanua
Perayaan Natal & Kunci Taong Kerukunan Keluarga Kawanua.
Bertempat di Integrity Convention Centre Jakarta, pada 1 Februari 2020 diadakan perayaan Natal dan Syukuran Kunci Taong Kerukunan Keluarga Kawanua yang berlangsung meriah dan syahdu. Mengusung tema menjadi Sahabat Bagi Semua Orang, acara ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata untuk menggaungkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Menghidupkan kembali toleransi beragama yang belakangan menjadi komoditas langka di negeri kita tercinta.
perayaan natal & kunci taong kerukunan keluarga kawanua
Konferensi Pers Kerukunan Keluarga Kawanua.
Dalam konferensi pers terlihat berbagai tokoh-tokoh Kawanua termasuk yang muslim. Hal ini semakin membuat tema Sahabat Bagi Semua Orang memang sepenuh hati diterapkan oleh Kerukunan Keluarga Kawanua.
Sebelum pelaksaaan acara puncak ini, telah diadakan juga acara bakti sosial berupa penyaluran sumbangan untuk korban banjir Jabodetabek di Bekasi dan Ciledug. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa, Roy Roring pun turut memberikan kontribusi dalam baksos ini. Diikuti juga dengan sumbangan dari Perempuan-Perempuan Tanah Minahasa (P2TM) dan masyarakat Kawanua se-Jabodetabek. Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kontribusi Kerukunan Keluarga Kawanua terhadap masyarakat.
Ronny Frankie Sompie selaku Ketua Umum Kerukunan Keluarga Kawanua dalam sesi konferensi pers menjelaskan bahwa acara tahun ini akan kental dengan kearifan lokal. Sebagai pembuka acara, disajikan penampilan Tarian Maengket dari Sanggar Rondor. Tarian ini memiliki filosofi cara bersyukur suku Minahasa saat musim panen.
Alunan musik Kolintang semakin menambah kemeriahan acara perayaan Natal dan Kunci Taong Kerukunan Keluarga Kawanua. Lagu-lagu Natal pun sukses dibawakan dengan alunan musik Kolintang yang terdengar unik namun tetap syahdu.
perayaan natal & kunci taong kerukunan keluarga kawanua
Meriahnya Perayaan Natal & Kunci Taong Kerukunan Keluarga Kawanua.
Acara Kunci Taong merupakan tradisi dan budaya khas Minahasa yang masih dilestarikan hingga saat ini. Maknanya adalah kita menutup tahun 2019 yang sudah lewat dengan segala kebaikan dan tantangannya. Selain itu, diharapkan tahun yang baru akan membawa kehidupan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.
Kerukunan Keluarga Kawanua
Bagikan