Penampilan Dr. Ronnie Franky Sompie, SH. putra Desa Sukur Kabupaten Minahasa Utara ini terlihat begitu rapih dalam kesehariannya sebagai Direktur Jenderal Imigrasi. Pria kelahiran Surabaya. 17 September 1961 yang merupakan anak dari Gimon Maxmilian Sompie dan Juliana Unggu Dungus.

Masa kecil Ronny dilaluinya di Surabaya dan Balikpapan hingga kelas 1 SD. Lalu kemudian pulang ke kampung orangtuanya di Manado yang bertugas sebagai prajurit TNI AL. Suami dari Dyah Iswarini dan ayah dan tiga gadis cantik, Devi Paramitha Rondyta, Grace Veronica. dan Merry Apsari ini merasa bangga dengan kedua orangtuanya yang menanamkan nilai-nilai kehidupan yang sungguh berharga. Kedua orang tuanya selalu mengingatkan dirinya akan pentingnya interigritas, kejujuran, memegang teguh kebenaran dan menjaga nama baik. Tidak heran. sebagai anak sulung dari empat bersaudara, Ronny mengemban tanggung jawab untuk menjadi panutan dan teladan bagi adik-adiknya.

Melamar sebagai taruna Akademi Kepolisian (AKPOL) bagi Ronny yang menamatkan studi pandidikan menengah atas di SMPP Negeri 29 (1980) akhirnya menjadi pilihan untuk mengenyam pandidikan akademi secara gratis alias mendapat beasiswa sehingga tidak menyusahkan kedua orangtuanya. Dengan perjuangan keras Ronny kemudian menyelesaikan pendidikan di AKPOL pada tahun 1984. Tahun kelulusan ini dikenal dengan alumni Jagratara.

Karir pria yang mahir berbahasa Inggris dan bahasa ibu, Tonsea ini dimulai sebagai perwira staf di PTIK Jakarta (1984-1988). Tahun berikutnya (1988-1989) dipercayakan menjadi Kanit Crime Squad Polwiltabes Surabaya. Itulah awal karir kepolisian Ronny di Jawa Timur, tahun 1990 - 1991 Kapolsek Pabean Cantikan Surabaya dan selanjutnya bakarir di AKPOL selama empat tahun (1991 - 1994). Seusai berkarir di AKPOL. pria penyandang doktor dan magister di bidang hukurn ini, mengukir prestasi karir di ibukota Jakarta (1994 - 1998) dan Jawa Barat berturut-turut sebagai Kanit Vice Control Ditreskrim Polda Metro Jaya. Kasat Reserse Polres Metro Jakarta Barat dan Wakapolres Metro Jakarta Pusat serta Kasat Reskrim Polwiltabes Bandung (1998-1999).

Read More

     

 

LINK BERITA KERUKUNAN KELUARGA KAWANUA

Pengurus KKK Temui Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama Jelang Seminar Nasional Februari 2016